Google
 
Web Fahru's Blog

Senin, 29 Desember 2008

Menjadikan File Setup Pada VB

. Senin, 29 Desember 2008

Sebelumya saya minta maaf atas ketidak jelasan artikel ini pada sebelumnya yang mungkin banyak membuat teman-teman merasa bingung he,he maklum mungkin waktu itu lagi kena virus malas.

Pada dasarnya bahasa pemrograman seperti VB (visual basic) mempunyai "package and Deployment Wizard" tersendiri tapi kalu anda kurang puas dengan hal tersebut anda bisa memanfaatkan tools sejenis Package and Deployment Wizard ada beberapa alternatif tools yang bisa dipakai seperti :

  1. Inno Setup (tools ini free dan biasanya banyak digunakan orang)
  2. Wise Installation
  3. Installshield
  4. Setup Factory
  5. dan lainnya
Dalam penggunaan Package and Deployment Wizard kita mempunyai beberapa keuntungan diantaranya adalah menutup kemungkinan adanya perubahan atau pengeditan dari suatu program tersebut, jadi BT kan kalu kita susah payah buat program eh tiba-tiba program kita di-Edit dan tidak mengatas namakan permbuatnya, kemudian selain itu lebih efesien dan simple karena from-from yang banyak pada program tersebut akan ditiadakan dan akan dijadikan file setup seperti gambar dibawah
Nah kalu udah begitukan program kita akan kelihatan kren kan hehehe

Ok kita langsung saja bahas bagaimana cara menjadikan file setup pada VB (revisi), pertama anda harus install program tools diatas, pada praktek ini saya menggunakan Inno Stup selain free alias gratis program ini tidak sulit untuk digunakan.
  1. Jalankan program Inno Stup,
  2. Pada dialog pertama anda pilih Create a new script file using the Script Wizard kemudian klik OK.
  3. Kemudian akan muncul dialog lagi yang mengharuskan anda mengklik Next.
  4. Pada dialog Application Information, anda dapat membuat nama dari program anda,versi dari program, dan juga pulbisernya.
  5. Setelah anda mengkilik kembali pada tombol Next maka pada dialog Application Folder, anda dapat menentukan letak folder instalation diletakan biasanya pada program file folder.
  6. Selanjutnya pada Aplication Files, dimana folder install diletakan, kemudian pada tombol buton kita pilih add file, dan kita browse program yang ingin kita jadikan file setup. tapi ingat sebelumnya file dari frogram itu harus kita jadikan EXE tau kan cara nya.
  7. Kemudian setelah klik Next akan ada dialog Aplication Icons, beri centang yang ingin kita aktifkan pada menu nanti nya seperti buat shorcut pada menu bar Dll.
  8. Selanjutnya pada dialog Application Documentation, kita bisa buat sebuah lisensi dari notepad.
  9. Setelah anda klik Next, sekarang anda dapat nenentukan pilihan bahasa pada installasi nanti.
  10. pada dialog compiler Setting, anda dapat menentukan letak hasil dari pembuatan file tersebut, dan anda bisa juga menyisipkan icon pada hasil file setup nantinya, tidak ketinggalan juga lo anda bisa membuat serial number pada file tersebut saat installasi. keren bukan.
  11. Kemudian klik Next, dan pilih Finish, kemudian akan muncul dialog Inno Stup Compiler dan pilih yes.

Dan hasilnya seperti gambar dibawah ini

Semoga tulisan ini membantu anda untuk mempermudah pembuatan file setup dari program yang anda buat... Smoga bermanfaat.
Download Artikel disini

4 komentar:

Anonim mengatakan...

cape deh, kurang seru bacaan ces....!
klo nilis itu yang lengkap dong.....
by NINjutzu

Anonim mengatakan...

LONTONG LAH GADA HASILNYA......

Anonim mengatakan...

Tutorialnya kurang lengkap betul..
yang baca jadi sepotong sepotong donk wew....
b-(

Anonim mengatakan...

Ini tutorial apa bacaan komix wkekekekekekekeke

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

 
© Copyright 2009. By Fahru