Google
 
Web Fahru's Blog

Senin, 29 Desember 2008

Tips Meningkatkan Performa Komputer

. Senin, 29 Desember 2008

Hal yang paling membosankan adalah menunggu. Mungkin ungkapan itu yang pantas apabila computer atau laptop kita berjalan dengan lambat. Pada saat looding, pada saat menjalankan aplikasi atau yang lainnya. Kenapa bisa seperti itu. Mungkin kita sebagai pengguna computer sudah tidak asing lagi dengan masalah ini. Terus langkah apa yang harus kita lakukan. Mungkin tips berikut dapat membantu anda untuk sedikit menyelesaikan masalah tersebut.


Virtual memory

Virtual memory merupakan salah satu point yang menentukan performa computer kita. Memori virtual (dalam bahasa Inggris: virtual Memory) adalah sebuah mekanisme yang digunakan oleh aplikasi untuk menggunakan sebagian dari memori sekunder seolah-olah ia menggunakannya sebagai RAM fisik yang terinstal di dalam sebuah sistem. Virtual memory ini tidak boleh terlalu besar. Karena setting virtual memory yang terlalu besar akan terbuang percuma (tidak akan dipakai). Untuk optimalisasi performa computer virtual memory mempunyai rumus untuk mengatur besar yang harus diset yaitu (2.5 * Besar Memory). Untuk setting irtual memory anda dapat masuk ke > Klik kanan “My Computer” > Properties . keudian pada jendela properties anda pilih tab “Advanced. Pada bagian performance anda pilih Setting kemudian kemudian pilih Advanced > Virtual Memory Pilih Change . pada custom sisze anda masukkan nilai yang didapat dari penggunaan rumus tadi. Kemudian klik Set. Kemudian OK lalu restart computer anda.


Defragment

Penyimpanan data pada harddisk dilakukan secara acak. Data yang tersimpan dalam posisi tidak beraturan . begitu juga penggunaan software aplikasi, akan membuat space harddisk menjadi tidak beraturan. Maka dari kita perlu melakukan Defrag. Defrag iniberfungsi untuk mengatur file file yang tersimpan secara acak pada hardisk. Anda bisa melakukan defrag dengan beberapa cara yaitu:

1. Anda bisa menggunakan aplikasi defrag yang sudah tersedia pada saat pertama kali windows di install. Klik menu Start > All Program > Accessories > System Tools > Disk Defragmenter. Pilih drive yang ingin didefrag kemudian tekan tombol defrag. Tunggu proses sampai selesai sampai muncul pesan view report.

2. Cara yang lain dengan menggunakan software defrag. Misalnya O&O Defrag. Anda tinggal menjalankan aplikasi ini kemudian tunggu proses sampai selesai sampai 100%

Dengan cara ini file-file yang dulunya berhamburan akan diatur dalam satu jalur pada storage sehingga performa computer bisa lebih cepat mengakses data.


Startup

Salah satu bagian computer yang menentukan kinerja computer cepat atau lambat adalah banyak aplikasi yang jalan pada startup. startup akan menjalankan aplikasi-aplikasi pada saat computer pertama kali booting. Jadi semakin banyak aplikasi yang terdapat pada startup maka semakin banyak pula aplikasi yang harus dijalankan sebelum masuk ke tampilan windowsnya. untuk mengetahui aplikasi apa saja yang terdapat pada startup silahkan anda lihat pada taskbar bagian kanan bawah computer anda. Untuk mengsetting startup ini anda dapat mengklik tombol Start > Pilih RUN > ketikkan “msconfig” enter. Setelah itu klik tab Startup > silahkan hilangkan centang yang ada pada bagian tab startup tersebut (centang yang penting saja). Untuk menghasilkan performa optimal sebaiknya anda klik tombol “Disabled All” OK kemudian Restart.


Service

Sebenarnya pada saat kita bekerja engan computer ada banyak aplikasi yang ikut jalan tapi kita tidak merasakannya. Dan itu terletak pada service computer kita. Ada beberapa service (layanan komputer) yang semestinya tidak perlu diaktifkan. Atau dengan kata lain prosesnya di stop saja. Untuk melakukan setting itu silahkan anda masuk ke bagian service dengan cara :

Klik Start > Control Panel > Pilih Administratif Tools > Pilih Service.

Beberapa service yang perlu diset adalah sebagai berikut :

1. Automatic Update AVG : Apabila computer anda terinstall AVG (Anti Virus Guard) dan anda tidak membutuhkan untuk mengupdate secara Automatism aka sebaiknya matikan saja dengan mengklik dua kali, dan pada startup typenya pilih manual kemudian tekan tombol stop.

2. Machine Debug Manager : MDB ini akan selalu mencari Error pada computer kita. Hal ini dapat membuat performa computer jadi lambat. Sebaiknya matikan saja.

3. MSSQLSERVER : Service ini akan ada apabila computer anda terinstall Microsoft SQL Server. Sebaiknya service ini dibuat manual saja pada bagian startup typeya kemudian di stop.

4. O&O Defrag : service ini akan ada apabila computer anda terinstall Aplikasi defrag ini. Sebaiknya service ini distop saja nanti kita butuhkan baru dijalankan. Karena apabila tidakdi stop maka aplikasi ini akan mendefrag file-file selama kita bekerja dengan computer. Dan ini akan menguras performa computer.



Mudah-mudahan dengan tips ini dapat membantu anda dalam mengatasi masalah computer anda yang kerjanya lambat. Selamat mencoba.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
© Copyright 2009. By Fahru