Google
 
Web Fahru's Blog

Jumat, 09 Januari 2009

Konsep Dasar CMS (Content Management System)

. Jumat, 09 Januari 2009

Dunia teknologi sekarang berkembang dengan pesat dimana fasilitas internet telah menjadi kebutuhan dengan begitu semakin banyak pula situs-situs yang ada pada internet baik itu website, blog atau pun website furom dsb, pada artikel ini saya akan akan coba bahas tentang konsep CMS (Content Managenet System). Banyak para pemula yang memakai fasilitas CMS ini namun mereka tidak paham secara mendalam tentang CMS tersebut, Bebanyakan mereka hanya cuma bisa menjalankan tanpa mengerti inti dasar pada CMS ini.

Pengertian CMS

CMS (Content Management System) adalah suatu metoda dalam mengelola sebuah content/isi. Content ini bisa berupa teks, suara, gambar vedio, animasi dan aplikasi lainnya yang disimpan dalam sebuah data base sehingga mudah mengelolanya..he udah ada gambaran....? kalu ada lanjut broo

CMS yang banyak dipakai saat ini adalah website CMS (WCMS). WCMS adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk membangun dan memelihara/updating web,yang dirancang sedemikan rupasehingga pemeliharaan dan proses pambuatan web lebih mudah, efektif, dan efesien.

kebanyakan WCMS yang banyak beredar pada internet saat ini menggunakan :

  • Bahasa Pemrograman PHP
  • Web Server Apache, dan
  • Database MySQL
Jenis-Jenis WCMS

berdasarkan fungsinya WCMS dapat di bagi atas :
  • WCMS Portal,
    Adalah sebuah CMS yang mempunyai banyak layanan, seperti layanan berita, mailing list, email dan lain sebagainya. Misalnya : Joomla, Mambo, phpnuke, postnuke dsb.

  • WCMS E-Commere
    Adalah sebuah website CMS yang bertujuan agar dapat melakukan proses transaksi online. Misalnya : OsCommerce, phpShop dsb.

  • WCMS E-Learning
    Adalah website CMS yang bertujuan untuk keperluan proses belajar mengajar jarak jauh. Misalnya : aTutor, Moodle dan lainnya.

  • WCMS Forum
    Adalah website CMS yang menyediakan media untuk proses diskusi secara online, Misalnya : phpBB, MiniBB dan lainnya.

  • WCMS Gallery
    Adalah website CMS yang menydiakan wadah untuk menampilkan gallery foto. Misalnya : Galery, Copermine dan lainnya.
Nah dari penggolongan diatas, WCMS juga dapat dikelompokan berdasarkan kepada sifatnya :
  • WCMS Komersial
    Jenis WCMS seperti ini jelas kita harus membayar untuk menggunkannya serta untuk mendapatkan source codenya.

  • WCMS Open Source
    Ini merupakan jenis WCMS yang paling banyak beredar diinternet, karena bersifat open cource dan berlisensi GPL
Mungkin ada beberapa orang yang bertanya kenapa menggunkan web berbasib CMS...?
Nah selanjutnya kita akan bahas jawaban dari pertanyaan itu, Selain beberapa hal yang telah kita ketahui diatas, CMS juga mempunyai manfaat kepada penggunanya yang akan saya jabarkan sebagai berikut :
  1. Managenent Data
    Ini merupakan fungsi utama dari CMS. Semua data/informasi baik telah ditampilkan ataupun belum dapat diorganisasikan dan disimpan secara baik. Suatu waktu data/informasi tadi dapat dipergunakan kembali sesuai dengan kebutuhan.

    Selain itu juga CMS juga mendukung berbagai macam format data, seperti XHL, HTML, PDF, dll. Untuk menggunakan CMS bisanya pengetahuan tentang bahasa pemrograman tidaklah terlalu dihutuhkan, karana semua proses berjalan dengan otomatis (WYSIWYG).

  2. Mengatur Siklus Hidup Website
    Banyak CMS memberikan fasilitas kepada para penggunanya untuk mengelola bagian atau isi mana saja yang akan ditampilkan, bagian atau isi yang dimaksud terlebih dahulu di-review olah editor sehingga kevaliditasannya terjamin.

  3. Mendukung Web Templating dan Standarisasi
    Setiap halaman yang dihasilkan berasal dari template yang telah terlebih dahulu disediakan oleh CMS. Selain dapat menjaga konsistensi dari tampilan secara kesulurahan, para, para website penulis editor dapat juga berkonsestensi dari tampilan secara penuh dalam melaksanakan tudasnya menyediakan website. Namun ada juga beberapa website bisanya telah ditetapkan sedemikian rupa sehingga tidak dapat diubah begitu saja. Hal ini dilakukan untuk memberiakn standarisasi kepada seluruh bagian dari website.

  4. Personalisasi Website
    Sebuah isi/informasi ditempatkan kedalam CMS, isi tersebut dapat ditampilkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan dari penggunanya. Terlebih lagi dengan kelebihan CMS yang dapat memisahkan antara desain dan isi yanmenyebabkan proses personlisasi berjalan dengan mudah.

  5. Sindikasi
    Seidikasi memberikan kemungkinan kepada sebuah website untuk membagi isinya kepada website-website yang lain. Format data yang didukung juga variatif, mulai dari rss, rdf, xml, hingga "backed scripting", sema halnya dengan personalisai, sindkikasi juga dapat dilakukan dengan mudah karena isi dan desain telah dibuat terpisah.

  6. Akuntabilitas
    Oleh karena CMS mendukung alur kerja dan hak akses yang jelas kepada para penggunanya, data/informasi yang disimpan dapat dipertanggungjawabkan dengnan baik. Setiap panulis ataupun editor memiliki tugas maisng-masing dengan hak akses yang berbeda-beda pula.
Adapun juga keuntungnan dalam menggunakan CMS diantanya :
  • Dapat menampilkan Informasi informasi yang up to date, konsisten dan berkualitas
  • memiliki fasilitas yang dapat dimanfaatkan kembali content yang sudah ada.
  • Meningkatkan prokduktifitas dan kepuasan dari sebuat team (web designer, web programing, web administrator).
  • pembuatan website dapat dilakukan secara desentralisasi(dilakukan beberapa orang dari berbagai tampat).
  • Memiliki fasilitas untuk mendifinisikan alur kerja dari sebuah team dan melakukan pengaturan proses approval dan pengaturan-pengaturan lainnya.
Open Source (CMS yang didistribusikan secara gratis)

Paket CMS dibawah ini didstribusikan dan dikembangkan secara bebas oleh pembuatnya, biasanya biasanya berupa komunitas tertantu yang mengembangkan di dunia maya
Jenis dari CMS ini diantaranya :

Nama KomunitasNama Produk CMS
ZopeContent Management Framework
Midgrad projectMidgrat 1.4
Open CMSOpem CMS
CofaxCofax.CMS
OpenACSOpen Architecture Community System
Apache projectCocoon Framework
BricolageBricolage
PostNukePostNuke
Joomla Open Source Joomla Open Source
DrupalDrupal
XarayaXaraya
WebGUIWebGUI
PlonePlone
eZ PublisheZ Publish
Typo3Typo3
CamsiteCamsite

Untuk membuat suatu CMS tentunya dibutuhkan tools dan script tertentu. Tools yang dibutuhkan antara lain web browser, web server, database server script engine, sofware upload dan script editor. Sedangkan Script CMS yang dapat adalah jenis opensource CMS, Seperti software dibawah ini
  • Web browser (IE, Mozila Firefox)
  • Web Server (Apache)
  • Database Server (MySQL)
  • Script Engine (PHP)
  • Script Editor (Dreamweaver)
  • Software Upload (WS FTP Pro)
  • CMS Script (Joomla Server)
Saya harap tulisan ini dapat bermanfaat bagi kita semua....Amien

Download artikel disini

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Terima kasih ya tulisannya... Sudah bertahun-tahun saya cari artikel seperti ini yang membahas secara keseluruhan tentang developer CMS..

Anonim mengatakan...

Makasih bro, izin download.

Rizky HUdaya Tambunan mengatakan...

makasih maz... izin download

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
© Copyright 2009. By Fahru