Google
 
Web Fahru's Blog

Rabu, 31 Desember 2008

Jalankan Komputer Tanpa Hardisk

. Rabu, 31 Desember 2008

Mungkin yang pertama kali ada di benak kalian adalah “Mana Bisa?”. ya memang benar bahwa kita bisa menggunakan komputer tanpa hardisk. bagi kalian yang masih menggunakan OS seperti Windows pastinya bingung “gimana sih caranya?”, tapi bagi kaklian yang sudah menguasai “Linux”, kalian pasti bakal langsung tahu gimana cara menggunakan komputer tanpa harddisk.

Ya, benar! “Live CD” namanya. jenis Linux (atau yang biasa dikenal dengan Distro ) yang dikembangkan, sebagian besar distro tersebut sudah menukung “LiveCD”, dimana sebuah linux bisa dijalankan tanpa perlu menginstall Linux di dalam komputer. lalu apa yang dipakai? yang dipakai adalah CD dari Linux tersebut. CD linux yang sudah bersertifikat LiveCD mempunyai 2 agenda.

Agenda yang pertama adalah kita bisa melihat/ menggunakan Linux hasil installasi sebelum menginstallnya. sehingga kita diperkenankan untuk menggunakan aplikasi yang disediakan. jadi, kita tidak membutuhkan hardisk.

Lalu bagaimana kalau kita mau menyimpan data yang kita buat di Open Office misalnya? data tersebut bisa kita simpan di UFD. karena pada saat kita menggunakan secara LiveCD, kita tidak bisa membuka Hardisk tetapi kita bisa membuka UFD.

Agenda yang kedua adalah menginstallnya. setelah kita melihat bagaimana performa yang ada, kita bisa melanjutkannya dengan menginstall Linux di dalam hardisk.

Dari keterangan di atas, kita simpulkan bahwa dengan menggunakan Distro LiveCD, kita masih bisa menggunakan komputer meskipun komputer tersebut tidak disertai Hardisk, asalkan ada Optical Drivenya Loh!


8 komentar:

Anonim mengatakan...

klo ngomong2 mslh linux.. gw msh lom sanggup..
d windows aja msh kurang dr sempurna..hee :-o

mampir juga di blog saya
http://sherlockzone.co.cc
jgn lupa ninggalin komentar yg relevan dgn artikelnya disna ya..
makasih...

Fahru mengatakan...

mang ada windows yg sempurna ???
kalu linux mememang agak ribet tp aku gunakan hanya untuk internetan aja, selain bebas virus akses internetnya juga lebih cepat dari windows karena apa? karena pada linux bisa dikatakan bebas virus jd gak ada yg yang menyebabkan komputer lo lamban
baca juga http://f4hru.blogspot.com/2009/01/macam-macam-jenis-virus.html

Anonim mengatakan...

Wew....

Sekarang mah jaman dah canggih, yang jalanin OS dari Flashdisk juga ada low....

:D :D :D :D

Anonim mengatakan...

ia lo bener tp smoa tu tergantung ma mainboardnya yg menukung fitur* tersebut....http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/24.gif

Anonim mengatakan...

jadi hanya di linux saja komputer bisa jalan tanpa hardisk...
kalau menggunakan windows gimana???

koleksiku mengatakan...

coba aja pake windows live cd

Alhe Tee M mengatakan...

OPO SICH RIBUT JA.....

Misterpandawa mengatakan...

Nambah lagi nih ilmunya, Makasih sangat bermanfaat

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
© Copyright 2009. By Fahru